Selasa, 28 Februari 2017

Komunikasi efektif dan non efektif antara bidan dan pasien

1.  Komunikasi efektif 
Pasien          : Selamat pagi bu bidan
Bidan            : Selamat pagi bu, silahkan duduk. Ada yang bias saya bantu?
Pasien           : Gini lo bu bidan, saya mau periksa kandungan.
Bidan            : Ada keluhan apa bu? (sambil membuka tangan ke depan  dan menyondongkan badan)
Pasien          : Saya akhir-akhir ini kalau pagi suka mual-mual buk. Apa lagi kalau mau makan.
Bidan            : Ooh gitu ya bu,, ini kehamilan keberapa?
Pasien          : Yang pertama bu
Bidan           : Kalau pada kehamilan itu biasa di alami buk, apa lagi ini kehamilan pertama. Tapi ibu harus  paksain makan ya, soalnya dedek bayi dalam kandungan ibu sangat  memerlukan nutrisi dari apa yang ibu makan, jadi ibu harus tetap makan ya agar bayinya tetap sehat.
Pasien          : Iya trima kasih bu bidan, saya permisi dulu ya. (dengan wajah yang tersenyum).
Bidan           : Iya bu hati-hati ya di jalan.
Pasien          : Iya bu bidan.




2.  Komunikasi tidak efektif
Pasien          : Selamat pagi bu bidan
Bidan           : Pagi,, ada apa bu ?
Pasien          : Saya mau periksa kandungan
Bidan           : Kandungannya kenapa ? (sambil melipat tangan)
Pasien          : Saya susah tidur, itu kenapa ya bu bidan ?
Bidan           : Kandungannya udah masuk usia berapa ?
Pasien          : Delapan bulan
Bidan           : Kalau delapan bulan memang seperti itu bu, ada lagi?
Pasien          : Itu aja bu
Bidan           : Oo ya sudah
Pasien          : Saya permisi dulu. (dengan wajah manyun dan merasa tidak puas)
Bidan           : Iya.




Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. AKBIDUK Jogja. Pendaftaran PMB Akbid. AKBID Kebidanan. Mau jadi Bidan Profesional dan handal kunjungi : www.akbiduk.ac.idAkbid di Jogja Akbid Ummi Khasanah Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar